Sunday 9 October 2016

4-9. Hal-Hal yang Bisa Dilakukan Sendiri

Satou di sini. Percobaan kimia saat SMP itu saat-saat yang fantastis, iya kan?

Saya juga ingat kalau ada perbedaan antara yang saya pelajari di sekolah dan praktik sebenarnya.









Terus berimajinasi buruk tanpa tahu cara membuktikannya itu sangat mengganggu. Walaupun itu kenyataannya, para hero seharusnya menang melawan raja iblis seperti biasanya. Kalau mereka kalah, maka saya akan bertanggung jawab mengalahkan raja iblis menggantikan naga.

Saya mengambil nafas dalam-dalam beberapa kali dan saya jadi tenang.
Mempunyai MND tinggi rupanya mempunyai keuntungannya sendiri.





Saya kembali ke kamar saya. Kembali ke subjek utama.
Saya ingin melakukan verifikasi dan percobaan kimia lebih jauh lagi. Karena latihan chant perlu dilakukan perlahan, saya tidak punya pilihan selain melakukannya dalam perjalanan ke kota labirin.

Pertama, saya verifikasi Storage.

Saya keluarkan makanannya.
Masih hangat.
Saya gigit sedikit. Rasanya masih sama.

Saya masukkan sisanya ke Storage.
Ini sedikit terlambat, tapi nama makanannya adalah [Seryuu Grill]. Itu butuh lebih banyak kekreatifan.

Saya tambahkan memo baru bernama Verifikasi Storage. Saya tuliskan tanggal dan keadaannya di memo.

Untuk sekarang, ini bisa menyimpan sesuatu yang hangat, mungkin punya fungsi untuk menghentikan keadaan suatu benda. Saya tulis seperti itu di memo. Saya tidak pikir kalau itu bisa menunda atau menghentikan waktu, itu terlalu mustahil.

Sekarang saya keluarkan Seryuu Grill yang saya taruh di Item Box. Yang ini sudah dingin. Rasanya seperti makanan panggang yang sudah dingin. Tidak basi. Karena hanya baru setengah hari, itu wajar.

Saya tulis kalau Item Box tidak menjaga kehangatan.

Berikutnya, saya coba apa mungkin untuk memindahkan barang dari Storage dan Item Box.

Saya tandai koin tembaga dengan tinta.

Saya coba masukkan ke Item Box tapi tidak bisa masuk.
Sepertinya dengan level skill 1, dia tidka bisa masuk. Saya naikkan levelnya jadi 2 dan saya masukkan ke dalamnya. Saya coba memasukkan macam-macam aksesoris, dan sepertinya cuma bisa menyimpan 4 buah dari 4 tipe barang. Apa level skill dikuadratkan? Saya tulis di memo.

Saat saya buka jendela Storage di menu, sebuah tab Item Box muncul.
Saya tarik sebuah barang dari Storage.

Saat saya buka Item Box dan melihat isinya, transfernya berhasil.
Saya coba melakukan yang sebaliknya, dan barangnya bisa dipindahkan tanpa masalah.

Membuka Item Box dari Storage tidak memakan MP.

Saya taruh info ini sebagai postscript di memo verifikasi Storage.
Akan saya pikirkan cara menggunakannya nanti.

Berikutnya, saya mencoba kalau saya bisa mencari isi buku di dalam Storage. Seharusnya memudahkan kalau bisa memeriksa diam-diam dalam situasi seperti masalah dragon white stone tadi.
Saya bisa mencari di penjelasan di dalam game. Karena itu saya mau mencoba apa saya bisa mencari isinya... Di dalam game tidak ada buku sih.

Saya tap buku [Royal City Tour] di dalam Storage dan memilih Search dari menu yang muncul.
Saya cari [Istana], lalu penjelasan tentang istana ditampilkan. Sepertinya bisa mencari tanpa masalah.
Hasil pencariannya ditampilkan.
Ah, saya selalu ingin fungsi seperti ini di kehidupan nyata~ Saya tidak akan perlu untuk mengescan buku atau OCR! Fantasi itu menakjubkan!

Saya tiba-tiba mendapat sebuah ide dan langsung mencobanya.
Kalau saya bisa melihat hasil pencarian maka harusnya saya juga bisa membaca isi bukunya kan?
Karena tidak ada pilihan browse di menu pop upnya, saya coba search blank dan berhasil.
Saya bisa baca seluruhnya seperti di PC dengan scroll. Rasanya seperti file PDF. Karena saya bisa mencari kata-kata seperti ini, ini lebih mudah untuk membaca buku.

Berikutnya saya coba memindahkan bukunya ke Item Box.

Sayangnya, yang ini tidak bisa melakukan pencarian.
Apa bedanya ya?





Saya keluarkan peralatan percobaan kimia dan meletakannya di meja di sudut ruangan.
Buknya tetap ada di Storage. Kalau seperti ini, walaupun gelap, saya bisa baca bukunya seperti Menu.

Saya membaca [Perkenalan untuk Alchemy]. Ini buku yang kakek gnome suruh saya baca terlebih dahulu. Daripada buku, bukannya ini lebih pantas disebut pamflet? Ini adalah buku dengan tebal hanya sekitar 20 halaman.

Bukunya dimulai dengan penjelasan peralatannya. Apalagi, disertai dengan ilustrasi jadi pemula tidak akan salah dalam memahami alatnya. Ini buku yang si kakek suruh saya baca terlebih dahulu.

Pertama, saya keluarkan mortar dan penumbuk. Mortarnya bukan yang berwarna putih seperti yang banyak orang tahu tapi warnanya agak pink. Menurut Appraisal, ini terbuat dari Agate. Bukannya Agate itu batu perhiasan?

Mengikuti bukunya, saya tumbuk sebuah reagen dengan 1 tanaman obat yang dikeringkan bersama-sama, lalu saya masukkan tanaman obat yang sudah dihaluskan ke mangkuk kecil berisi air dengan batang logam tipis.
Peracikannya selesai dalam 5 menit. Karena ini hal pertama untuk dilakukan oleh pemula, ini sangat mudah.

>[Mendapatkan Skill Compounding]

Saya langsung masukkan skill point sampai maksimum dan mengaktifkannya.
Larutan yang sudah selesai adalah [Antipyretic Medicine]. Berdasarkan Appraisal, [Antipyretic Medicine -3] tertulis di bawah namanya, dan detailnya menuliskan [Obat cair untuk menurunkan demam. Efeknya sangat rendah, hanya untuk meringankan]. Ini pertama kali saya meracik, jadi maklum saja kualitasnya rendah.





“Yang punya MP pergi ke chapter 2, yang tidak punya pergi ke chapter 4” tertulis di halaman berikutnya.
Ini terasa seperti buku manual untuk software bisnis, atau, buku game dari beberapa tahun yang lalu.

Chapter 2 itu tentang dasar penyulingan. Sepertinya saya harus membuat potion sungguhan. Menurut bukunya, obat yang dibuat dari peracikan dan penyulingan punya efek yang berbeda walaupun mereka mirip. Pembuatan potion butuh magic catalyst dan MP, sebagai gantinya efeknya akan langsung terlihat.

Saya melanjutkan berlatih penyulingan berdasarkan bukunya. Saya masukkan potion yang saya buat tadi di dalam gelas logam. Lalu saya campur dengan dua reagen di sana.
Sepertinya saya harus memasukkan MP sebelum reagennya larut. Saya letakkan gelasnya di antara kedua tangan dan membayangkan magic mengalir dari tangan kanan saya ke tangan kiri. Ini mirip seperti saat memutar gasing, masukkan magic dengan mengalirkannya dari tangan kanan ke kiri, mungkin ini suatu aturan? Atau hanya kebiasaan orang?

Kedua reagen mulai bersinar redup saat saya masukkan MP. Karena ruangannya redup, cahayanya bersinar dengan bagus. Sepertinya akan selesai setelah selesai bersinar.

>[Mendapatkan Skill Refining]

Ini bukan skill Alchemy huh. Saya juga buat skill Refining jadi maksimum.
Potion yang dihasilkan adalah Antipyretic Potion -4. Karena sayang kalau dibuang, saya masukkan ke cerek keramik dan memasukkannya ke Storage.





Saya buka menu untuk menyimpan resep peracikan ke memo. Menunya punya tab baru, Production. Saya buka tabnya, dan [Compound: Antipyretic Medicine], dan [Refine: Antipyretic Potion] dari yang tadi ada di sana. Bukan hanya itu, ada juga [Woodcraft: Club (Improvised)], [Composite: Insect Leg Spear (Improvised)], dan [Composite: Insect Leg Spear (Improvised)].

Saya yakin itu tidak ada di sana sebelumnya, apa saya harus tahu 5 resep dahulu sebagai syaratnya? Atau mungkin butuh resep selain yang improvisasi. Tapi karena ini adalah Unique Skill, percuma saja mencoba memverifikasinya, jadi saya berhenti.

Saya coba tap di [Compound: Antipyretic Medicine]. Ada 4 sub-menu, yaitu Compound, Inspect Receipe, Delete Receipe, dan Detail. Compound sepertinya di-disable, warnanya abu-abu. Saya pikir saya bisa melakukan peracikan di dalam Storage, tapi sayangnya sepertinya tidak bisa. Walaupun saya sudah menaruh alat-alat dan reagennya ke dalam Storage, masih saja disable. Mungkin ada kondisinya.

Lalu saya melanjutkan latihannya ke akhir 6 chapter dari buku pengenalan. Karena ada satu resep di setiap chapter, saya jadi ingat, [Compound: Painkiller], [Compound: Ointment], [Refine: Lower Recovery Medicine], dan [Refine: Painkilling Magic Medicine (Potion)], keempat itu.

Mungkin karena saya sudah memaksimalkan skillnya, semua obat setelah chapter 3 bertanda [+5]. [Efeknya sangat tinggi, ini adalah kualitas tertinggi.] tertulis. Saya berpikir untuk memverifikasi perbedaan efeknya nanti.





<TLN: Bagian ini alur mundur (flashback)>
Saya mau memulai berlatih chapter kelima dari buku pengenalan tapi...

Ada tanda-tanda orang yang menahan nafas mereka di balik pintu. Kedua titik bersinar yang ditampilkan di radar belum bergerak sejak tadi.
Saya diam-diam mendekati pintu, dan langsung membukanya lebar-lebar.

Arisa dan Martha-chan berguling seakan tertarik oleh pintu.

“Kalian sedang apa?”

Saya dengarkan mereka berdua sambil melihat dari atas. Suara saya jadi agak datar.

“Ng, nggak.”, entah kenapa Arisa berbicara dengan logat Kansai.
<TLN: Bayangin Tohsaka Rin bilang “Ch, Chau nen.”>
“Sa, saya cuma penasaran karena saya lihat Arisa menempel di pintu.” Martha-chan.
Tapi kamu juga sudah menempel selama lebih dari 5 menit kan?

Kedua gadis yang gemetar mau melangkah keluar. Mereka langsung berputar dan mau berlari ke arah koridor.
Saya tangkap kerah mereka dengan cepat dan menahan mereka.

“Tadi kalian sedang apa?” saya tanya lagi.

“Maaf, saya tergoda untuk melihat saat-saat memalukan Satou-san jadi saya mengintip.”

Martha-chan meminta maaf dengan berani.

“Uu~ soalnya. Seorang anak laki-laki yang tinggal bersama dengan beberapa gadis! Kembali ke kamarnya sendirian!? Bukankah itu pekerjaan seorang penjaga untuk melihat hal bodoh apa yang akan terjadi?”

Siapa yang jadi penjaga?
Apalagi, hal bodoh... Saya tidak punya cara pikir anak SMP.

Saya lepaskan Martha-chan yang berani. Arisa tidak benar-benar merefleksi diri, atau, nafsunya bisa terlihat jelas jadi saya hukum dia dengan menyodok dahinya 3 kali berturut-turut.
Sepertinya itu masih sakit walaupun saya menahan diri, dia memegang dahinya sambil berguling-guling di lantai. Ini mungkin obat yang bagus sekali-sekali.